Sabtu, 09 Februari 2019

, ,

Mengumpulkan Modal Travelling: Manfaatkan Hobi Belanja Online


Hayo, siapa yang hobi belanja online? Biasanya apa sih yang kamu beli di online shop?





Sebenarnya dari hobi berbelanja online itu kamu bisa lho travelling dengan budget yang lebih hemat, atau malah gratis.





Maksudnya, dengan berbelanja online biasanya kita bisa mendapatkan promo-promo menarik, salah satunya cashback. Nah, cashback belanjaan kita inilah yang nantinya bisa digunakan sebagai modal traveling, seperti booking hotel, pesan tiket kereta, tiket pesawat, atau tiket bus.





Lumayan kan bisa memangkas anggaran yang harus dikeluarkan saat traveling.





Tapi, belanja online di mana saja supaya kamu bisa mendapatkan cashback untuk ditukarkan dengan yang sudah saya sebutkan di atas? Berdasarkan pengalaman saya, setidaknya ada 3 marketplace dan 1 portal e-commerce yang bisa dijadikan sebagai pilihan.





Lebih lanjutnya bisa kamu baca di bawah ini:





1. Manfaatkan Cashback Tokopedia





modal travelling tokopedia
cashback Tokopedia




Marketplace hijau yang satu ini, berdasarkan pengalaman saya, paling getol memberikan cashback. Jumlahnya lumayan besar dan bisa didapatkan saat melakukan pembelian produk apapun di Tokopedia.





Bahkan bisa banget pesan tiket kereta atau pesawat, dapat cashback yang kemudian bisa digunakan untuk pesan tiket kereta atau pesawat lainnya. Asik sih ini.





Saya sendiri paling sering belanja produk digital, seperti pulsa dan paket data. Jumlahnya juga tidak banyak, hanya sekitar Rp 10 ribu – Rp 60 ribu. Cashback yang saya dapatkan biasanya sekitar 5% dari total pembayaran.





Cashback yang saya dapatkan pernah saya gunakan untuk membayar pesanan tiket kereta Semarang – Surabaya, Surabaya – Malang, dan Malang – Yogyakarta.





Promo cashback Toped seperti yang saya dapatkan bisa dengan mudah di cek melalui laman ‘Promo’.





O iya, kalau dulu cashback Toped masuk ke TokoCash, sekarang diakumulasikan menjadi OVO Points. Tetapi masih tetap bisa kok digunakan untuk membayar pembelian kamu di Tokopedia.





Bagi kamu yang belum pernah berbelanja menggunakan Tokopedia, daftar sekarang dan cobalah berbelanja di toko dengan Power Badge & Official Store untuk mendapatkan cashback.





2. Pesan Tiket dengan Blibli Reward





modal travelling blibli
Blibli reward




Blibli juga tidak kalah sering menawarkan promo cashback yang diakumulasikan menjadi poin reward. Selain dari cashback, Blibli juga memberikan poin reward untuk setiap transaksi belanja kamu yang berhasil (sudah dibayar dan diterima). Belum lama ini saya malah mendapatkan sejumlah poin sebagai hadiah ulang tahun saya. Lumayan kan?





Poin yang sudah terkumpul dari Blibli bisa ditukarkan dengan voucher belanja. Voucher inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk membayar pemesanan tiket kereta, tiket pesawat, atau booking hotel melalui situs web atau aplikasi Blibli.





Tapi perlu diingat bahwa jumlah minimum poin yang bisa ditukarkan adalah sebanyak 5000 poin untuk mendapatkan voucher belanja senilai Rp 50 ribu.





3. Voucher Hotel dari Koin Shopee





modal travelling shopee
koin Shopee




Kamu sering berbelanja di marketplace oranye ini karena bebas ongkir? Selain menawarkan bebas ongkir, Shopee juga sering memberikan cashback lho. Cashback dari belanjaanmu itu akan masuk ke dalam Koin Shopee.





Mungkin kamu sudah tahu ya untuk yang satu ini. Tapi kamu mungkin juga lebih sering menggunakan koin untuk mengurangi jumlah pembayaran belanjaanmu.





Padahal, selain bisa digunakan untuk memotong jumlah pembayaran, kamu juga bisa menukarkannya dengan voucher hotel.





Saya sendiri pernah menukarkan koin dengan voucher diskon Agoda.com, Airy, dan RedDoorz. Selain tiga platform pemesanan hotel yang saya pilih, ada juga ZenRoom, OYO, Pegi Pegi, dan Hotel Murah.





Selain hotel, bisa juga untuk memesan voucher diskon Klook atau Passpod. Pilihan diskon untuk travelling yang cukup lengkap, menurut kacamata saya.





4. Uang Saku Travelling dari Cashback ShopBack





modal travelling shopback
cashback Shopback




Untuk yang terakhir ada platform e-commerce Shopback. Belanja di berbagai pilihan marketplace melalui ShopBack bisa mendapatkan cashback dengan jumlah yang sangat beragam.





Misalnya, pembelian produk digital di Tokopedia mendapatkan cashback sebesar 2%, booking hotel Agoda.com mendapatkan cashback 5%, Booking.com 6%, booking airbnb cashback up to 70 ribu, dan masih banyak lagi.





Selengkapnya bisa kamu cek di sini: daftar cashback Shopback!





Cashback yang kamu dapatkan memang tidak langsung bisa ditukarkan dengan produk travel yang kamu inginkan. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk keperluan verifikasi sampai poin berstatus ‘dapat ditarik’.





Setelah poin yang sudah bisa kamu tarik jumlahnya mencapai Rp 25 ribu, kamu bisa menukarkannya dengan pulsa. Sementara jika jumlahnya minimal Rp 50 ribu, kamu bisa menariknya ke rekening yang sudah kamu daftarkan.





Kalau sudah masuk rekening, bebas dong sesuka kamu mau digunakan sebagai uang saku saat travelling, booking hotel, pesan tiket kereta, atau untuk keperluan lainnya.





Jadi, hobi belanja online itu sebenarnya tidak sepenuhnya pemborosan. Selama kita bisa pintar-pintar mengaturnya. Salah satunya ya seperti ini, memanfaatkan cashback untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya.





Kalau kamu tertarik mencoba cara saya untuk mengumpulkan modal travelling dari kebiasaan belanja online ini, atau kamu justru sudah pernah menerapkannya, share dong melalui kolom komentar di bawah artikel ini.





Sumber foto: featured image (pixabay.com); content image (diambil dari masing-masing situs).


1 komentar:

  1. Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

    BalasHapus