Senin, 12 Oktober 2015

,

Kesunyian Air Terjun Seloprojo: Bagai Kolam Mandi Bidadari


Air terjum Seloprojo atau yang selama ini lebih dikenal sebagai Air terjun Sumuran (lantaran ada dua kolam buatan dengan kedalaman kira-kira 8-10 meter yang berfungsi menampung air dekat dengan ujung air terjun). Jadi, jangan pernah sekalipun mencoba berfoto atau masuk ke bak penampungan air ini jika Anda tidak mau tenggelam (kecuali memang bisa berenang ya). Air terjun yang satu ini ada di kawasan kaki Gunung Telomoyo dengan ketinggian terjunan air kira-kira 35 meter.


Air terjum Seloprojo



Di bagian dasar air terjun Anda akan melihat bak penampungan menyerupai kolam limpahan air yang terdiri atas dua tingkat. Sisi depan dari bak penampungan terdapat ornamen-ornamen kepala singa.


Air terjum Seloprojo



Limpahan air akan mengalir ke kolam yang ada dibawahnya serta dialirkan kembali ke selokan (pengairan) melalui kepala singa tersebut. Selain itu terdapat juga sebuah jembatan dengan pagar besi yang turut mempercantik air terjun Seloprojo.



Suasana sunyi berteman gemericik air



Air terjum Seloprojo



Berkunjung ke air terjun Sumuran ketika musim kemarau memang menjadikan sensasi gemericik airnya berkurang. Tentu saja, karena debit air tidak sebanyak ketika musim penghujan. Namun, Anda bisa merasakan ketenangan ketika berada di destinasi wisata yang satu ini. Meskipun hanya ada satu buah gazebo saja di area air terjun.


Air terjum Seloprojo



Suasana sekitar benar-benar sunyi, entah karena memang jarang yang berkunjung ke air terjun ini ataupun wisata yang satu ini belum begitu mengenal air terjun Seloprojo. Hanya terlihat beberapa pasangan saja yang duduk atau berfoto di dekat area air terjun. Sangat disayangkan bukan tempat wisata secantik ini terkesan terlupakan begitu saja? Terlebih lagi, tempat sekitar air terjun juga bersih dan asri. Terasa benar-benar nyaman selama berada di area wisata ini.


Air terjum Seloprojo


Air terjum Seloprojo




Bahkan pemandangan yang ada di sekitar air terjun maupun menuju air terjun sangat menawan, sejuk, nyaman dan pastinya menggoda mata untuk terus mengabadikan setiap detailnya.



Lokasi Air Terjun Seloprojo



Air terjun yang satu ini berada di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Magelang, Jawa Tengah.



Akses menuju ke Air Terjun Seloprojo


 

Letak air terjun Seloprojo kira-kira 44 km sebelah tenggara dari kota Magelang. Untuk dapat menuju ke kawasan air terjun Anda setidaknya harus menempuh Kopeng (dari arah Salatiga) atau Grabag (dari arah Magelang). Sedikit sulit memang jika jalan yang Anda tempuh dari arah Salatiga. Hanya saja yang terpenting Anda harus terlebih dahulu sampai ke pasar Ngablak, selanjutnya belok ke kanan (mengikuti petunjuk arah ke Mangli) dan melewati jalan depan Kantor Kecamatan Ngablak. Silahkan lurus ke arah Desa Seloprojo. Jalanan menuju ke Desa Seloprojo sedikit berkelok-kelok tetapi sudah beraspal dan ada beberapa tanjakan dengan tikungan yang cukup tajam.


SDN Pager Gunung


Desa Seloprojo



Nah, jika kesulitan menemukan arah ke Desa Seloprojo, maka Anda dapat mencoba menemukan SD Pager Gunung (kiri jalan dari arah Salatiga) kemudian cari petunjuk arah ke Desa Seloprojo (di kanan jalan setelah SD). Silahkan lurus mengikuti jalan beraspal hingga sampai ke posko KKN UII.


Air terjum Seloprojo


Air terjum Seloprojo


Air terjum Seloprojo



Setelah sampai ke lokasi Desa Seloprojo Anda dapat melanjutkan perjalanan melalui jalan yang cukup sempit (di halaman rumah penduduk) menuju air terjun Seloprojo. Kira-kira jalan yang harus Anda tempuh dari desa hingga air terjun adalah 1,5 meter. Menggunakan kendaraan roda empat? Titipkan saja mobil Anda di rumah warga, karena jalan yang ada tidak memungkinkan bagi mobil untuk masuk.


Air terjum Seloprojo



Air terjum Seloprojo

 
Air terjum Seloprojo

 
Air terjum Seloprojo



Demikian juga dengan jalan menuju air terjun dari lokasi parkir yang hanya berupa jalan setapak dengan pemandangan kiri kanan kebun milik warga sekitar.



Air terjum Seloprojo


Selain air terjun Sumuran Seloprojo, ada juga air terjun Ngesong dengan pesona yang tidak kalah menawan dan berada tidak jauh dari lokasi air terjun Sumuran. Takut tersesat? Tenang saja, karena ada petunjuk arah ke masing-masing air terjun.



Akomodasi dan fasilitas



Air terjum Seloprojo



Fasilitas yang dapat Anda temukan di destinasi wisata ini adalah ruangan kecil sebagai tempat membilas jika memang Anda ingin bermain air, area camping ground sekaligus kolam yang ada dibawah air terjun. Ada juga jembatan besi sebagai tempat berfoto.


Biaya tiket dan parkir


 

Air terjum Seloprojo

 


Untuk masuk ke area air terjun Seloprojo dan membayar parkir, maka Anda harus merogoh kocek sebesar Rp. 10.000.


Air terjum Seloprojo

 
Air terjum Seloprojo

 
Air terjum Seloprojo



Siap menenangkan diri di tengah kesunyian air terjun Seloprojo atau meramaikan suasana air terjun bersama teman atau keluarga? Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan!

0 komentar:

Posting Komentar