Rabu, 19 Agustus 2015

, , , , , , , ,

Menjelajah Candi Peninggalan Sejarah di Semarang



Indonesia memang sangat terkenal dengan banyak candi-candi yang merupakan bukti peninggalan sejarah. Tentu saja candi-candi yang ada sangat indah sekaligus eksotis. Beberapa diantara candi tersebut dapat Anda temukan di Semarang, Kota Atlas.

Apa saja candi peninggalan sejarah di Semarang?


1. Candi Gedong Songo


Alamat: Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang

 









Candi Gedong Songo
Candi Gedong SongoSumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Gedong_Songo

 

Objek wisata candi yang satu ini berada di lereng Gunung Ungaran. Kompleks Candi Gedong Songo ini sendiri dibangun di abad ke-9 Masehi. Nama Gedong Songo juga diberikan menurut bahasa Jawa "Gedong" yang memiliki arti bangunan dan "Songo" yang memiliki arti sembilan. Sehingga Candi Gedong Songo merupakan candi dengan sembilan bangunan. Karena terletak di lereng gunung, maka ketika berada di kompleks Candi Gedong Songo Anda dapat melihat indahnya alam Kabupaten Semarang yang sejuk dan hijau. Disini Anda juga dapat menikmati sensasi wisata berkuda berkeliling kompleks candi maupun berendam di pemandian air panas.

2. Candi Tugu


Alamat: Jalan Mangkang KM 11, Semarang

 









Candi Tugu
Candi TuguSumber: https://canditugu.wordpress.com/2010/04/08/mengapa-watu-tugu/

 

Jika Candi Gedong Songo berada di lereng gunung, maka untuk Candi Tugu ini berlokasi sekitar 2 km dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Wali Songo Semarang, berada di sisi kanan jalan dari arah Semarang Jakarta atau sekitar beberapa ratus meter dari RSUD Telogorejo. Di candi bersejarah ini konon merupakan candi yang menjadi perbatasan anara Kerajaan Pajajaran dan Majapahit. Lama sudah tidak terurusi, di era penjajahan belanda tepatnya tahun 1983 sesuai masukan Sejarawan J Knebel akhirnya diadakan pemugaran terhadap situs bersejarah ini.

3. Candi Klero


Alamat: Dusun Ngentak, Desa Klero, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang

 









Candi Klero
Candi KleroSumber: http://candi.perpusnas.go.id/temples/deskripsi-jawa_tengah-candi_klero

 

Candi Klero atau yang dikenal juga dengan Candi Tengaran barada sekitar 500 meter dari jalan raya Semarang-Solo. Bangunan yang satu ini merupakan candi peninggalan umat Hindu, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peralatan upacara keagamaan berupa Arca Siwa dan Yoni yang sudah diamankan serta disimpan dengan baik oleh Dinas Purbakala Jawa Tengah yang ada di Semarang. Meskipun demikian Candi Klero ini berdiri sendiri, berbeda dengan candi Hindu pada umumnya yang ditemani dengan bangunan candi lain di sekitarnya.

4. Candi Ngempon


Alamat: Desa Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang

 









Candi Ngempon
Candi NgemponSumber:http://candi.perpusnas.go.id/temples/deskripsi-jawa_tengah-candi_ngempon

 

Candi Ngempon merupakan sebuah candi peninggalan Hindu yang terdiri atas 9 candi. Akan tetapi sayangnya baru 4 candi yang hingga saat ini berhasil di rekontruksi. Kawasan candi peninggalan sejarah di Semarang yang belum dikenal luas oleh wisatawan ini dahulu diyakini sebagai pusat penggemblengan kasta brahmana untuk di didik atau dilatih sebagai "Mpu", baik itu di dalam bidang olah kanuragan, sastra budaya dan kerohanian.

Nah, apakah diantara 4 candi peninggalan sejarah di Semarang tersebut ada yang sudah pernah Anda kunjungi?

1 komentar: