Kamis, 06 Agustus 2015

, , , , , ,

Belajar Sepanjang Hayat "UT Mencerdaskan Bangsa Melalui Media Online"



Sebagai satu-satunya Universitas dengan sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) di Indonesia, ada cukup banyak fasilitas online yang disediakan Universitas Terbuka (UT) guna memenuhi kebutuhan mahasiswa-nya. Mulai dari sistem registrasi online baik untuk mahasiswa baru maupun mahasiswa lama, tutorial online, toko buku online, perpustakaan digital, latihan mandiri dan masih banyak lagi.



Namun, selain memberikan fasilitas yang cukup memadai bagi seluruh mahasiswanya UT juga turut melengkapi media online-nya dengan fasilitas online umum. Adapun fungsi dari keberadaan fasilitas tersebut untuk memberikan kesempatan pada masyarakat agar mendapatkan berbagai informasi di media UT sehubungan dengan pendidikan.




1. Toko Buku Online (TBO Karunika)






http://tbo.karunika.co.id
TBO karunika merupakan fasilitas toko buku online yang disediakan oleh Universitas Terbuka sebagai tempat yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk membeli bahan ajar yang dibutuhkan. Bahan ajar yang disediakan oleh TBO Karunika sendiri berbentuk cetak dan dapat dipesan dengan satu klik, ini tentunya sama seperti Anda melakukan pembelian barang melalui sebuah website online shop.






Meskipun berisi bahan ajar yang digunakan dalam kegiatan belajar Universitas Terbuka, akan tetapi dari toko buku online ini masyarakat umum juga dapat membeli buku-buku yang tersedia. Tentunya ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dari luar Universitas Terbuka untuk bisa mendapatkan materi yang dibutuhkannya. Cara mengaksesnya juga cukup mudah, yaitu hanya mulai mengakses web TBO Karunika di http://tbo.karunika.co.id, melakukan pendaftaran dan Anda sudah dapat melakukan pembelian dengan cara memilih salah satu buku dalam kolom kode yang tersedia. Jika masih merasa bingung mengenai prosedur pemesanan, Anda juga dapat membaca panduannya di laman website TBO Karunika tersebut.




2. Toko Buku Digital (TBO Android)






Universitas Terbuka
Selain menyediakan bahan ajar dalam bentuk cetak, Universitas Terbuka saat ini menyediakan bahan ajar di dalam bentuk digital yang menjadi alternatif dari layanan untuk penyediaan bahan ajar. Isi di dalam bahan ajar digital ini sama persis seperti isi yang ada di dalam bahan ajar cetak. Namun bahan ajar digital ini tidak dapat dicetak, melainkan hanya dapat dibaca saja secara offline (kecuali setelah Anda mengunduhnya dan mencetak/ print sendiri) tentunya setelah Anda mengunduhnya. Proses mengunduh juga dapat Anda lakukan setelah membayar biaya untuk membeli bahan ajar tersebut. Untuk saat ini Toko Buku Digital UT dapat diiunduh dan digunakan dari sistem operasi Android, Windows PC 7 & 8 serta iOS.




3. MOOCs


 





Universitas Terbuka
Sudah pernah mencoba mengikuti kuliah online secara gratis dan mendapatkan sertifikat? UT sudah memberikan layanan kuliah online secara gratis yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat melalui MOOCs. Penawaran ini merupakan bentuk penerapan dari pengabdian kepada seluruh masyarakat dari dosen yang ada di Universitas Terbuka. Ini sekaligus menjadi misi dari UT guna membangun satu budaya belajar sepanjang hayat untuk masyarakat Indonesia. Kuliah online ini diadakan menjelang Dies Natalis Universitas Terbuka yang jatuh pada bulan September dan dapat diakses melalui laman http://moocs.ut.ac.id. Bukankah belajar tidak perlu mengenal usia dan batasan tempat maupun waktu?




  4. Guru Pintar Online






http://gurupintar.ut.ac.id/
Ini merupakan sebuah forum ilmiah yang secara khusus didedikasikan bagi para guru beserta seluruh masyarakat yang memiliki perhatian besar terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan guru serta mutu pembelajaran di sekolah.








Dengan adanya portal GPO ini UT memberikan akses kepada seluruh guru di tanah air dan juga pemerhati pendidikan guru agar dapat bersama-sama memberi kontribusi untuk upaya meningkatkan ilmu pengetahuan serta pengalaman praktek yang baik di dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Dapat dikatakan bahwa fasilitas yang satu ini disediakan UT sebagai sumber belajar sekaligus sumber inspiratif untuk meningkatkan profesionalisme guru berkelanjutan.Sebagai pendidik, diharapkan melalui sarana ini akan semakin meningkatkan kemampuan para guru dalam mendidik generasi muda Indonesia menjadi lebih baik.







Nah, apakah Anda sudah pernah mencoba menggunakan salah satu fasilitas online dari Universitas Terbuka?


Bagaimanapun generasi cerdas (berpendidikan) merupakan pagar yang kokoh bagi sebuah bangsa untuk menghadapi era modern dengan segala perkembangan yang ada. Hal inilah yang ingin diwujudkan oleh Universitas Terbuka melalui sarana prasarana yang tersedia.




http://www.ut.ac.id/2015/dies/ketentuan-kegiatan-dan-lomba/


“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-31. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”


4 komentar:

  1. terima kasih TBO KARUNIKA UT buku nya udah sampai ketangan saya doakan saya cepet lulus tahun ini

    BalasHapus
  2. wah semoga lulus dengan nilai yang baik ya kak :)
    semoga ilmu dari UT berguna kedepannya :D
    Terima kasih sudah bersedia mampir

    BalasHapus
  3. Saya mau daftar dari umum untuk beli buku koq tidak berhasil terus ya

    BalasHapus
  4. Photo Auto Liker, ZFN Liker, Status Liker, Working Auto Liker, Photo Liker, autolike, auto liker, autoliker, Autoliker, Status Auto Liker, Autolike International, Auto Liker, Auto Like, Autolike, Increase Likes, auto like, Autoliker

    BalasHapus